PARADIGMA MLM (NETWORK MARKETING) Apa Yang anda ketahui tentang MLM? MLM = TRAUMA & SAYA TIDAK PERCAYA Banyak orang yang sudah jalankan MLM hanya dapat Trauma & Tidak Percaya KENAPA...???
Karena FAKTANYA 90% yang menjalankan MLM berakhir dengan kebangkrutan, Jatuh Miskin, Jual Rumah, Jual Kendaraan, Bahkan Jual Kerbau, sapi dan Kambing yang kebanyakan tidak dapat apa-apa kecuali meninggalkan HUTANG YANG BESAR...!!
Apa Sebenarnya tujuan orang menciptakan distribusi pemasaran lewat MLM (Network Marketing)รข€¦??
Ide MLM Karena awal terjadi resesi energi yang mengakibatkan resesi ekonomi dunia sehingga untuk menciptakan produk dalam industri manufacturing sangat sulit karena keterbatasan modal pada saat itu Untuk menciptakan Produk agar sampai ke tangan user (konsumen) perlu jalur rantai distribusi yang panjang sehingga perlu biaya yang besar untuk jalur distribusi dan promosi Tujuan Jalur Distribusi MLM Tujuan diciptakan jalur distribusi MLM untuk memangkas jalur distribusi dan promosi, sehingga pabrik fokus hanya memproduksi saja (Manufacturing).
Adapun proses distribusinya digantikan oleh member yang bertindak sebagai eksekutor distribusi pemasaran dan promosi Uraian Jalur Distribusi Konvensional Pada jalur distribusi konvensional (retail) diperlukan jalur distribusi yang panjang dan untuk sampai ke tangan konsumen harus didorong promosi diberbagai media supaya konsumen mengenal produknya Pada jalur distribusi ini distributor mendapat presentasi sangat kecil dibagi, pembaginya banyak dan dipotong biaya promosi biasanya sekitar 30% Uraian Jalur Distribusi MLM Pada jalur distribusi MLM (langsung) jalur distribusinya hanya member sebagai distributor sekaligus promotor sehingga wajar member MLM mendapat persentase yang sangat besar dibanding dengan distribusi retail Penyebab Faktor kegagalan dalam menjalankan MLM Member tidak mengerti karakteristik MLM.
Banyak orang gabung di MLM hanya sekedar ikut-ikutan karena rayuan dari Upline /Leader yang menjanjikan bonus besar, mobil dan rumah mewah yang disajikan dalam MARKETING PLAN, tapi member bahkan uplinenya tidak tahu proses dan probabilitas untuk mendapatkan itu semua, padahal pemahaman marketing plan sangat vital /penting untuk pencapaian kesuksesan member. SISTEM MARKETING PLAN Secara Umum Sistem Marketing Plan di MLM dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Matahari (murni) dan Binary
SISTEM MATAHARI (Murni) Biasanya sistem ini mengharuskan untuk membangun lebih dari dua group besar, bisa tiga, empat, lima, bahkan ada yang mensyaratkan membangun 10 group besar supaya bisa menempati posisi paling top dalam Marketing Plan tersebut. Adanya akumulasi pembelanjaan untuk menentukan persentase (%) dari member tersebut untuk dasar perhitungan bonus. Sehingga dipastikan member yang baru gabung dimulai dengan persentase yang paling kecil kecuali member tersebut menembak peringkat.
Di Sistem ini ada istilah BV, PV untuk perhitungan Bonus Riilnya, biasanya nilai BV, PV lebih kecil dari nominal rupiahnya. BV atau PV ini sebagai patokan yang akan dikalikan dengan persentase member tersebut. Ketika terjadi Breakway (Peringkat Upline sama dengan downline) maka bonus upline turun drastis bahkan ada yang nol alias gigit jari. Di sistem ini juga biasanya member/ leader diharuskan membangun omzet "SIDE VOLUME" (Omzet Tambahan) sebagai penyeimbang.
Di sistem Matahari umumnya menerapkan tutup point (kewajiban belanja bulanan) sebagai syarat untuk mendapatkan bonus. Karena sistem perhitungan bonusnya bulanan SISTEM BINARY Sesuai dengan namanya Binary, sistem ini membangun 2 group /kaki
Perhitungan Bonus dari perkembangan 2 group /kaki kiri dan kanan. Perhitungan Bonus sangat mudah dipahami /Simple dan tidak rumit, Probabilitas untuk mendapatkan bonus sangat besar dan cepat karena hanya berdasarkan perkembangan Group Kiri dan Group Kanan
Pembatasan Bonus pada sistem ini menggunakan istilah FLUSH atau "FLUSHING". Ada yang menerapkan Flush 10:10, 12:12, 16:16. Perhitungan bonus anda yang mulai 1:1 dibayar, 2:2 dibayar. Flush dipakai juga untuk terhindar dari OverPaid, tapi faktanya hampir 99% sistem binary mengalami OverPaid (kelebihan pembayaran bonus) sehingga perusahaan selalu menaikkan harga untuk menutupi bonus dan akan selalu berulang-ulang seperti itu, dan merubah marketing plan sehingga ditinggalkan para membernya dan perusahaan tutup sukses Tidaknya seseorang di Bisnis MLM apa bila setiap bulannya terjadi kenaikan dari bonus yang dihasilkan.
Batasan waktu untuk mencapai kesuksesan di MLM Buat Komitment dalam diri Anda bukan komitment pada perusahaan tapi berikan Batasan Waktu dalam mengerjakan Bisnis yang anda kerjakan.selanjutnya Anda kerjakan dengan Serius dan focus selama 6 bulan pertama,dan lihat bonus yang di peroleh,biasanya di 6 bulan pertama adalah masa transisi antara member yg aktif dan tidak dimana seorang member MLM bisa melihat sejauh mana terjadinya pertumbuhan jaringan dan seberapa besar Repeat order product yang terjadi. Masa 7
Bulan - 12 bulan masa pembinaan dimana seorang member yang serius tentunya sudah memahami product dan system diluar kepala,dan bisa melakukan presentasi tanpa harus melihat dan membuka tools kit lagi.saat ini lah anda diharuskan sudah bisa membina dan mengorganisir team anda dan berkerja sama dengan team yang solid
masa 12 bulan - hingga 18 bulan masa evaluasi,dimana anda bisa menilai,apakah bisnis yang anda jalankan selama ini menunjukkan pertumbuhan,stagnan,mengalami flutuasi jaringan atau diam.disaat ini lah anda harus berani mengambil suatu keputusan penting untuk Tetap bertahan dengan kondisi yang ada,atau sebaliknya tanpa membuang waktu dan tenaga anda memutuskan untuk mencari peluang income lainnya.
masa 18 - 24 bulan Bagi member yang memutuskan bertahan dan tetap terus mencoba,tetapi hasilnya tetap sama,berarti bukan anda yang tidak bisa menjalankan atau mengembangkan bisnisnya.akan tetapi pasti ada yang kurang baik dari sisi product,system plan sehingga pertumbuhan jaringan anda Hidup dan kemudian Mati,walaupun anda sudah melakukan seluruh kemampuan,mengikuti training,mengajak member training dll.
Bagi anda yang tetap bertahan saya angkat dua jempol ..sebuah loyalitas dan perjuangan yang sangat berharga yang diberikan oleh membernya untuk tetap mengibarkan panji perusahaan ditengah-tengah maraknya bisnis networking yang bermunculan. Hal ini yang harus dipikirkan oleh semua perusahaan mlm untuk bisa memikirkan juga kesejahteraan keluarga mereka,apabila tidak menginginkan hilangnya permata di perusahaan anda. Tapi kebanyakan yang terjadi justru sebaliknya loyalitas seorang member biasanya akan tersisihkan dengan berjalannya waktu dengan member baru yang bisa menciptakan omzet besar dan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.
LAYAKKAH SEBUAH KOMITMENT UNTUK WAKTU YANG ANDA PERTAHANKAN UNTUK MEMBESARKAN SEBUAH PERUSAHAAN SETELAH ITU ANDA PUN TERSISIHKAN OLEH WAKTU APABILA OMZET ANDA MEROSOT ATAU JARINGAN ANDA BERGUGURAN SATU DEMI SATU ? MARI KITA RENUNGKAN BERSAMA... Sudah berapa lama anda berada di perusahaan MLM anda saat ini. Apakah Bonus anda dari bulan ke bulan terus naik atau fluktuatif Apakah Bonus anda mampu memenuhi biaya hidup anda sekeluarga saat ini? Apakah jaringan anda terus bertumbuh setiap harinya atau sebaliknya ? Kalau dari ke empat pertanyaan tersebut di jawab secara jujur dari hati nurani anda lebih banyak " Tidak" Anda pun bisa mencari peluang income yang lebih mudah dikerjakan tanpa banyak membuang waktu berlama-lama atau mungkin melupakan Mimpi kesuksesan Anda di bisnis MLM sekarang..untuk mencari yang bisa memberikan extra income yang lebih baik lagi.
ditulis oleh Hendratno Hp
www.toserba2u.com